Minggu, 22 Mei 2011

KWARCAB BIMA SIAP KIRIM PESERTA JAMBORE NASIONAL OKI – SUMSEL


Jambore Nasional ke-9 akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan,  pada tanggal 2 – 9 Juli 2011 mendatang. Karena itu, Kwarcab Kabupaten Bima beberapa Hari kedepan mengadakan seleksi peserta jamnas 2011 dari tangal 17 – 19 mei 2011 di Pesanggarahan Wawo.
Demikian dikatakan, Wahyudin, S.Ag Wakil Ketua Kwarcab Bima dihadapan Bupati Bima, saat pembukaan seleksi Jamnas di Aula SMPN 1 Wawo, Selasa (17/04). Wahyuddin, mengatakan Jambore Pramuka Penggalang adalah kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar pramuka penggalang. “ini sebagai sarana pembinaan pramuka penggalang Dan biasanya kegiatannya dititikberatkan pada pengembangan diri peserta.  Baik mental, fisik, intelektual, spiritual Dan sosial” 
Seleksi ini sendiri, kata Wahyuddin,  bertujuan mencari peserta Jamnas yang akan mewakili Kabupaten Bima. Tentunya, Ada kriteria-kriteria tertentu. Misalnya,  kemandiriannya, Ada nilai kepemimpinan, punya keterampilan kepramukaan, memiliki nilai persatuan Dan kesatuan. Dan, memiliki komitmen terhadap penghayatan Dan pengamalan kode kehormatan pramuka yaitu tri satya Dan dasa darma.
Dari catatan Ketua panitia Mingguyono, Peserta kegiatan berjumlah 33 orang yang berasal dari, SMPN Monta 1 orang, MTsN Yasim Nata 2 orang, SMPN 4 Wawo 1 orang, SMPN 1 Langgudu 2 orang, SMPN 3 Langgudu 2 orang, MTsN Karumbu 2 orang, SMPN 2 lambu 2 orang, MTsN Ulil albab 2 orang,  SMPN 4 Lambu 1 orang, SMPN 1 Madapangga 1 orang, SMPN 1 Donggo 2 orang, SMPN 3 donggo 1 orang, SMPN 1 Sanggar 2 orang, SMPN 3 sanggar 2 orang, SMPN 1 Monta 3 orang, SMPN 3 Sape 2 orang, SMPN 3 Bolo 2 orang, SMPN 1 wawo 3 orang
Sementara itu, peserta seleksi diarahkan pada materi yang mengacu kemandirian, kepemimpinan, Dan keterampilan. Selain itu,  diajarkan juga penghayatan Dan pengamalan kode kehormatan pramuka yaitu tri satya Dan dasa darma. Antara lain : pionering, peta Dan kompas, semboyan Dan isyarat, apotik hidup, lkbb, materi komunikasi Dan Internet. Pada Hari pertama peserta diberikan pre-test, Hari kedua Dan ketiga diberikan materi dari jam 08.00 – 21.00. Dan Hari ketiga peserta akan diberikan final test. Penilaian, disamping pre – test Dan final test, juga akan diberikan secara individu oleh masing-masing pemateri disetiap akhir materi. Dan, pengumuman seleksi akan dilaksanakan pada Hari kamis pada saat upacara penutupan malam api unggun.
Hadir dalam acara, Drs. A. Zubair. HAR, M.Is, mewakili Bupati Bima, Wahyudin, S.Ag. Sebagai Waka Kwarcab Bima. Turut hadir, Yasin dari Partai Gerindra Dan Ahmd H. M. Shaleh dari PDI-P, Dan beberapa Kepala Sekolah serta pembina pramukase-kecamatan Wawo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar